Monday, June 19, 2017

Spesifikasi Minimum Smartphone Yang Dibutuhkan Untuk Main Game



Di bawah ini terdapat spesifikasi minimum smartphone untuk bermain game dengan lancar jaya. Bisa kamu jadikan kriteria saat beli smartphone baru loh.
Kamu lagi berencana beli smartphone baru? Mau yang spesifikasinya seperti apa nih? Begitu banyak jenis smartphone yang ada sekarang ini.

Mulai dari yang kisaran ratusan ribu hingga bahkan puluhan juta. Smartphone dengan harga jual mahal memang biasanya memberi jaminan kalau spesifikasi smartphone tersebut bisa memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satunya dalam memainkan game kelas berat dengan lancar.

Tapi, apa jadinya kalau kamu belum bisa beli smartphone flagship tapi ingin memainkan game dengan smooth tanpa kendala? Tenang aja, sekarang ada banyak smartphone low budget yang punya spesifikasi oke dan ideal buat gaming.

Nih, di bawah ini Jaka kasih informasi daftar spesifikasi minimum smartphone untuk bermain game dengan lancar jaya. Ini bisa kamu jadikan kriteria saat beli smartphone baru. Simak ya!Spesifikasi Minimum Smartphone Untuk Main Game1. Resolusi Layar
Sumber Foto: Pocketnow
Idealnya, layar yang sedap dipandang memiliki tampilan piksel halus. Terlebih jika game yang kamu mainkan memiliki grafis yang kompleks, di mana resolusi layar tinggi membuat efek game terkesan real.

Setidaknya, pilihlah smartphone dengan layar beresolusi HD 720p, kalau lebih tinggi, maka lebih bagus. Tapi, tetap sesuaikan dengan penggunaan prosesor karena beban kerja lebih berat jika resolusi layar tinggi.

Jika smartphone tersebut memakai hardware mid-range seperti Snapdragon 4xx atau 6xx, resolusi 720p sudah paling maksimal agar kinerjanya tetap stabil. Lain halnya jika smartphone dengan chipset high-end 8xx yang bisa menopang beban kerja layar beresolusi tinggi.

RAM

Sumber Foto: Android Guy
Saat asyik bermain game, tiba-tiba force closed? PAsti kesal kan? Ini bisa jadi disebabkan oleh kurangnya memori di smartphone kamu. Paling pas, smartphone gaming punya RAM 2 GB untuk bisa menjalankan game berukuran besar, mengingat beban RAM juga harus dibagi dengan sistem operasi dan aplikasi lain yang berjalan otomatis.

Memori Internal

Sumber Foto: Techworm
Ukuran game HD biasanya besar, beberapa di antaranya berukuran di atas 1 GB. Agar smartphone bisa menampung banyak game sekaligus, ketersediaan kapasitas memori internal harus memadai.

Kamu bisa memilih smartphone dengan storage minimal 16 GB agar bisa menyimpan banyak game karena sisa memori tetap harus dibagi dengan sistem berukuran besar. Lebih baik lagi, pilih smartphone yang punya slot memori eksternal.

User Interface

Sumber Foto: Makeusof
User interface berdampak pada penggunaan RAM. Jika kamu ingin bermain game dengan lancar, pilihlah smartphone dengan UI ringan sehingga tidak membebani kinerja RAM. Kamu bisa melirik smartphone Android One atau Motorola E3 Power yang punya tampilan stock pure Android. Selain itu, UI pun berpengaruh pada kegegasan multitasking.

Kapasitas Baterai

Sumber Foto: Smartputers
Hardware kencang bekerja maksimal jika didukung baterai yang memadai. Pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai di atas 2.500 mAh agar bisa dipakai untuk bermain game beberapa jam secara non-stop. Untuk smartphone murah berkapasitas besar, kamu bisa melirik Xiaomi Redmi 3 series yang punya baterai 4.000 mAh.

Sensor

Sumber Foto: Kickstarter
Kehadiran sensor berpengaruh pada pengalaman gaming. Setidaknya, smartphone yang kamu beli punya sensor akselerometer untuk mengubah modus layar portrait ke landscape, berguna untuk memainkan game yang pengoperasiannya miring. Jika bingung, kamu bisa mengecek keberadaan sensor di smartphone kamu pakai aplikasi Sensor Box for Android.

Nah, itu dia kriteria yang wajib dimiliki smartphone Android baru kamu kalau mau kinerjanya lancar saat dipakai gaming. Bagaimana dengan smartphone yang sekarang kamu pakai? Ceritakan pengalaman gaming di smartphone kamu via kolom komentar, ya!

Share:

0 comments:

Post a Comment